Senin, 14 Oktober 2013

Anak Kos Dodol versi Komik



Judul               : Anak Kos Dodol Dikomikin
Penulis             : K. Jati
Penerbit           : Gradien Mediatama
Tahun              : Cetakan X, 2013
Halaman          : 178
ISBN               : 9786028260251

SINOPSIS:

Apa itu Anak Kos Dodol? Yooloh, kemane aje Pak, Bu!. Nih ya buat yang gak tahu apa itu Anak Kos Dodol, silahkan meluncur ke Sini. Ada 7 cerita Anak Kos Dodol yang diadaptasi ke dalam komik ini. Ketujuh cerita itu adalah Di sini ada setan?, Ulang Tahun ke-20, Business Woman, Mendadak Detektif ,Nenek-nenek Muda, VCD Malam Pertama, Yihha... Tarik Mang!. Anak Kos Dodol adalah novel yang ditulis oleh Dewi ’Dedew’ Rieka dan diluncurkan versi komik oleh K.Jati.Gambar-gambarnya kocak banget!!! Muka-muka cantik anak kos dodol dibikin mengenaskan. Tapi disanalah letak istimewanya, malah aku kurang terlalu suka kalo anak kos dodol dibikin kinyis-kinyis aduhai, lebih asyik liat muka ancurnya. Bagi yang sudah baca versi novel, kini giliran baca versi komiknya. Dijamin, tambah ngakak :).

RESENSI:
Saya suka komik, dan baca Anak Kos Dodol Dikomikin itu kayak nonton Sule lagi ngelawak, lucu (pakek) banget. Jujur, saya belum pernah baca versi novelnya. Buku ini sempat menjadi topik hangat di kos adik saya di Surabaya, buktinya novel ini juga dicetak hingga beberapa volume. Versi komik ini pun bukan punya saya. Ini milik teman adik saya yang saya pinjam secara ‘paksa’ dan belum saya kembalikan hingga skarang (maafkan). Sesegera mungkin akan saya kembalikan :).

Bagaimana pun caranya, yang penting resensi bukan? Karena versi komik, jadi bisa diselesaikan antara 1-2 jam saja. Dari sekian banyak cerita, ada cerita berjudul Ulang Tahun ke-20. Disini diceritakan kebiasaan anak kos, terutama perempuan, ketika ada salah satu penghuni kosnya yang tengah berulang tahun. Mulai dari isi kamar dan lemari yang diacak-acak hingga menyerupai kapal pesah, disiram dengan campuran ait deterjen, hingga tumpengan bersama. tak jarang, kejadian tersebut berakhir dengan peristiwa buruk. Penasara? Beli atau pinjam saja komiknya.. :).
Ada cerita lain dengan judul Business Woman, ini adalah salah satu cerita yang saya suka. Julia, salah satu penghuni kos memiliki ide berbisnis menjual roti bakar. Ide ini timbul karena kiriman dari orang tua yang menipis dan kebutuhan yang semakin banyak. Ia beserta salah seorang penghuni kos yang ia tunjuk sebagai asisten, mulai beraksi membuat roti bakar. Lucunya, Julia tidak menggunakan alat pemanggang roti atau semacamnya. Ia menggunakan ‘elektronik rumah tangga’ dan menggunakan teknik sedemikian rupa untuk memanggang rotinya. 
Ada cerita seputar ada seorang anak kos yang ternyata cleptomania dan pengalaman penghuni kos dugem pertama kalinya yang berakhir dengan pulang ke kos dengan cara memanjat pagar seperti maling. Beberapa pengalaman di dalam komik juga pernah saya rasakan. Seorang teman yang memiliki kemampuan melihat makhluk halus, mengatakan bahwa kos saya memiliki ‘penghuni tambahan’. Cerita yang semakin heboh dan beberapa gangguan kecil, membuat beberapa anak kos tidur sedipan berdua. Bagaimana kasur untuk singgle, tapi digunakan oleh dua orang. Rasanya seperti menjadi ikan pindang. Kaku semua badan.
Mengapa harus baca komik ini? Membaca hal-hal berdasarkan kisah nyata itu ada kalanya hati kita akan berkata, “waah.. ini guwa banget ceritanya,” atau “sumpah, aku pernah ngerasain hal itu,” dan beberapa suara pikiran lainnya.
Bagi yang tidak biasa membaca komik, akan merasa bingung. Tulisan dengan ukuran yang berbeda membuat saya binggung membaca untuk menangkap isi cerita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar