Selasa, 15 Oktober 2013

“Bagaimana Menjadikan Hobi sebagai Mesin Pencetak Uang”



Judul               : Jadi Jutawan dari Hobi
Penulis             : Sigit Rais
Penerbit           : Indonesia Tera
Tahun              : Cetakan I, 2009
Halaman          : 174
ISBN               : 9789797750817

SINOPSIS:

Apa hobi Anda? Setiap manusia mempunyai hobi yang berbeda-beda. Dengan hobi, Anda telah memiliki nilai lebih sebagai seorang individu dan memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan. Hobi akan menjadi bukan sekadar hobi jika Anda bisa dan mampu mengelolanya menjadi sebuah usaha yang akan mengantar Anda menjadi seorang jutawan.
Buku ini mengupas bagaimana suatu hobi bisa menghasilkan uang, persiapan yang perlu dilakukan, langkah-langkah memasarkan hobi, gambaran berhitungan break even point, dan tips-tips menarik yang dapat diaplikasikan dalam memasarkan hobi. Dengan semangat, niat, dan usaha yang sungguh-sungguh, sesuatu yang biasa akan menjadi luar biasa.

RESENSI:
Aku pernah mendengar sebuah percakapan antar teman,
“Hobi kamu apa?.”
“Main game.”
“Ih.. kok main game sih.. kayak anak kecil dan nggak ada gunanya.”
Siapa yang nggak suka main game? Saya yang tidak muda lagi (ciee.. ngaku.. :)), masih suka main game kok. Jangan salah sangka dulu, karena sesungguhnya papun hobi kita, jika dikelola dengan benar maka akan menghasilkan keuntungan secara finansial. Jangan pernah meremehkan hobi Anda yang (mungkin) menurut orang lain terlalu kekanak-kanakan dan tidak ada gunanya. Mengapa hobi bisa menjadi peluang bisnis? Karena, ketika seseorang melakukan sesuatu berdasarkan hobi, maka hal yang terjadi adalah ia akan melakukan hal tersebut dengan semangat dan menikmatinya.

Jika hobi yang Anda tekuni dapat menghasilkan keuntungan, maka itu dinamakan passion. Itulah yang aku dengar dari Billy Boen ketika menyaksikan acara talk show bisnis di televisi. Bagaimana dengan nge-game? Apa bisa menghasilkan keuntungan? Bisa kok, salah satunya dengan membuka rental playstation. Disini, Anda akan berhadapan dengan pelanggan yang mayoritas terdiri dari anak-anak, remaja, hingga mahasiswa. Anda dapat memanfaatkan ruangan yang ada dirumah. Tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk menyimpan beberapa buah monitor dan mesin playstation.
Dalam buku ini, Anda juga akan dijabarkan beberapa alasan mengapa Hobi Anda bisa mendatangkan keuntungan. Selain itu, anda juga akan diarahkan untuk melakukan beberapa persiapan sebelum berbisnis. Seperti dalam bisnis rental playstation, Anda dituntut untuk melakukan bberapa hal, mulai dari menentukan konsep yang akan digunakan (menggunakan lesehan, meja atau justru menggabungkan keduanya) hingga menyiapkan surat izin dari pemerintah setempat.
Setelah itu, Anda juga diberikan ‘bocoran’ bagaimana mulai memasarkan bisnis Anda. Jika biaya promosi yang Anda miliki terbatas, Anda bisa mempromosikan kepada orang terdekat lebih dulu seperti, teman atau tetangga disekitar rumah. Kemudian satu hal yang harus diperhitungkan lagi adalah menghitung modal awal dan BEP. Pencatatan keuangan bisnis yang akan Anda jalankan juga harus jelas. Misalnya, berapa modal awal yang Anda miliki beserta alokasi pembelanjaan benda apa saja yang anda butuhkan. Hitung-hitungan secara matematis juga dijabarkan disini. buku ini juga dilengkapi kisah skses orang-orang yang menekuni bisnis berdasarkan hobi.
Bagaimana? Mulai tertarik menjadikan hobi yang Anda tekuni sebagai mesin pencetak uang? Jangan ragu untuk membeli buku ini.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar