Kamis, 17 Oktober 2013

Boneka Lucu dari Clay




Judul               : Clay Dolls
Cara Kreatif Memanfaatkan Tepung Kue menjadi 150 Macam Bentuk Boneka  Unik dan Lucu
Penulis             : Monica Harijati Hariboentoro
Penerbit           : Tiara Aksara
Tahun              : Cetakan ke-2, 2009
Halaman          : 172
ISBN               : 9789790120686

SINOPSIS:

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku clay dari tepung kue yang sudah terbit sebelumnya. dalam buku ini tersaji model-model boneka yang lebih menarik dan lucu. Siapapun yang melihatnya pasti akan tergerak untuk mencoba membuatnya karena selain dapat dipakai sebagai cindera mata, bisa juga dikenakan sebagai aksesoris seperti kalung, anting, pin, dan sebagainya.
Selain bahan-bahan yang digunakan mudah didapat dan tidak mahal serta tahan lama, cara membuatnya juga tidaklah rumit bahkan amat sederhana.
Jika pun Anda berminat untuk memulai usaha baru sebagai usaha sampingan, kreasi dalam buku ini bisa menjadi salah satu pilihan. Silahkan mencoba dan selamat berkreasi.



RESENSI:

Kali ini buku tentang hasta karya. Saya sedang mencoba meresensi buku dengan jenis yang berbeda. Saya memang orang yang suka ‘ngutek-ngutek’ sesuatu. Istilahnya adalah orang yang jemarinya cukup terampil dalam mengerjakan keterampilan. Saya pernah menyulap kardus menjadi laci bersekat, gantungan pulpen dari kertas, hinnga melaminating kertas A4 untuk dijadikan mini-whiteboard. Mungkin lebih mirip orang yang sedang hidup hemat, daripada kreatif :).

Saya mengkoleksi beberapa buku hasta karya; mulai dari membuat kerajinan dari kain felt atau flanel, kertas daur ulang, hiasan dari clay hingga buku masakan berbagai resep. Jeleknya saya adalah tidak konsisten dalam menggembangkan kerajinan yang sedang saya tekuni. Baru seminggu jual hiasa dari kain flanel, ganti membuat hiasan dari clay. Beberapa perlengkapan kerajinan tangan yang saya miliki banyak yang menganggur, bahkan sebagian mulai rusak.
Clay adalah hiasan dari tepung kue dengan bentuk dan model yang beragam serta disesuaikan dengan fungsi dan keburuhan masing-masing. Adonan clay bisa juga dibeli dalam kemasan, biasanya dijual ditoko buku besar, atau adonan dibuat sendiri. Jika ingin membuat adonan sendiri, bahan yang dibutuhkan adalah tepung kue; kanji, terigu dan beras dengan perbandingan 1 : 1: 1, pengawet kue (natrium benzoat atu jenis lainnya) dan lem putih (lem kayu, lem rajawali, atau PVAC).
Buku dengan 172 halaman ini di sajikan dengan kertas glossy dan foto hasil clay yang berwarna. Cara pembuatan boneka clay juga dijelaskan per-step lengkap beseerta gambarnya. Boneka pajangan yang dicontohkan pun bisa dijadikan hiasan lain; seperti sebagai hiasan untuk pigura, hiasan pintu kamar, magnet kulkas, hingga hiasan pensil yang lucu-lucu dan diminati anak-anak.
Menekuni kerajinan clay, selain dibutuhkan ketekunan, kesabaran juga jam terbang yang tinggi. Semakin kecil dan rumit benda yang dibuat dari clay, maka harga yang ditawarkan pun semakin mahal. Saya pernah mencoba beberapa hasta karya clay bersama adik saya. Punya saya terlihat terlalu sederhana dan tidak simetris, tapi siapa sangka buatan adik saya justru lebih halus dan tingkat kerumitannya lebih tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar