Selasa, 22 Oktober 2013

Mari Mencoba Merawat Laptop Sendiri..!




Judul               : Merawat dan Memperbaiki Laptop untuk Orang Awam
Penulis             : Endah Tri Utami
Penerbit           : Pustaka Widyatama
Tahun              : Cetakan II, 2008
Halaman          : 73
ISBN               : 9789796102051

SINOPSIS:
Komputer jinjing atau biasa disebut laptop sebagai komputer yang ringkas karena mudah dibawa kemana-mana merupakan benda yang membantu kita dalam beraktivitas, karena beberapa atau bahkan hampir semua orang menggunakan laptop, baik itu dari kalangan eksekutif muda maupun profesional, bahkan anak-anak sekolah pun sudah dibekali laptop untuk mendukung aktivitas belajarnya.
Laptop sama halnya dengan benda-benda elektronik lain yang memiliki lifetime atau umur pakai tertentu. Namun terkadang akibat perlakuan yang salah dalam pemakaian atau perawatan, umur pakai laptop dapat berkurang, dan akhirnya laptop tersebut menjadi tidak berguna sebelum waktunya. Sebaliknya, jika kita pandai merawat dan menggunakannya, niscaya laptop yang kita miliki dapat dipakai terus dan syukur-syukur malah dapat melampaui umur pakai wajarnya.
Pemeliharaan laptop sangat penting untuk menjaga agar kondisinya tetap prima. Namun jika laptop anda terlanjur mengalami kerusakan, maka harus segera diperbaiki agar aktivitas tidak terhambat dan kondisi kerusakan tidak menjadi semakin parah.
Buku ini berisi ulasan tentang teknik-teknik dasar perawatan laptop. Dengan penjelasan yang jelas, tuntas dan runtut akan menjadikan Anda mahir melakukan perawatan dan perbaikan laptop dalam waktu singkat.

RESENSI:
Computer portable atau orang lebih familiar dengan istilah laptop. Saya sendiri sudah ganti laptop, meski baru sekali. Dulu 6 tahun lalu, saya punya laptop dengan layar super besar merek Toshiba, entah berapa inci. Saat itu, harga laptop masih berkisar 6-7 juta bahkan bisa lebih. Namun, karena sering ‘pindah tangan’ untuk dipinjam beberapa teman, laptop saya hanya berumur ± 4 tahun saja. Sekarang masih bisa berfungsi, namun engselnya keras (setelah diperbaiki karena retak), beberapa tombol keyboard tidak berfungsi dan mouse pad pun sudah tidak sensitif lagi.

Sekarang saya beralih pada notebook yang notabene memiliki ukuran lebih kecil dan lebih praktis untuk dibawa kemana-mana. Saya memutuskan membeli buku ini, karena biasanya kaum perempuan, termasuk saya, adalah orang yang paling awam urusan merawat dan meperbaiki elektronik. Mereka hanya tahu bagaimana cara memakainya. Selama laptop masih berfungsi (bisa nonton film, ngegame atau mendengarkan lagu), mereka akan mengindahkan perbaikan-perbaikan kecil yang harusnya segera ia tangani (seperti terkena virus atau harus menginstal ulang).
Di awal bab buku ini, Anda anda dikenalkan fitur-fitur laptop yang wajib Anda kenali lebih dulu. Mengenali fitur-fitur laptop sangat penting. Selain untuk memaksimalkan fungsi fitur tersebut, setiap fitur memiliki beragam penjelasan berbeda yang tentunya membutuhkan perlakuan berbeda atau disesuaikan dengan kebutuhan yang berbeda pula bagi setiap peliknya. Misalnya, para programer atau design grafis menyukai laptop dengan layar lebar (wide screen) dibanding para profesional yang cenderung menyukai laptop yang ringkas dan ringan untuk mendukung mobilitas yang tinggi.
Merawat piranti keras pada laptop merupakan hal yang tidak kalah penting. Karena sesungguhnya perlakuan yang kasar dan kurang hati-hati dapat mengakibatkan laptop cepat rusak seperti, terkena benturan, jatuh, atau pemakaian yang tidak pada tempatnya. Seperti, hindari meletakkan laptop pada permukaan yang terlalu empuk (bahan busa, dakron yang biasa digunakan untuk, bantal, kasur atau sofa) karena akan menutup sirkulasi udara disekitar laptop sehingga laptop akan overheat dan akan menyebabkan kerja laptop lambat.
Piranti lunak di dalam laptop juga perlu diperhatikan seperti, pemasangan anti virus. Tidak hanya itu, anti virus yang dipasang juga harus selalu di-update untuk menghindari masuknya virus dari jaringan internet, atau data server lainnya seperti hard disk atau flash disk. Selain itu, memiliki back-up data dari komputer sangatlah penting. Hal tersebut sebagai salah satu pencegahan jika virus menyerang dan menghapus data-data yang ada di laptop Anda.
sebagian besar gamar dalam buku ini ditampilkan dalam warna hitam putih. Banyak gambar yang blur dan akhirnya menjadi tidak jelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar