Sabtu, 19 Oktober 2013

Belajar Bahasa Inggris Melalui Puzzle



Judul               : Have Fun with English Puzzle
                         Book 3
Penulis             : Makmun Fauzi
Penerbit           : Buana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia)
Tahun              : 2010
Halaman          : 72
ISBN               : 9789790740426

SINOPSIS:
Have Fun with English adalah buku aktifitas berseri yang bertujuan untuk membantu membaca―mulai dari pemula hingga tingkat madya―dalam mengasah dan meningkatkan kemampuan berkosakata dan tata bahasa dalam bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan.
Aktivitas-aktivitas dalam buku ini sangat beragam, misalnya word searching, crossword, association, puzzle, compound words, mengenal objek dan sebagainya. Buku ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban, jadi pembaca dapat membandingkan jawabannya dengan kunci jawaban yang tersedia. Kami yakin buku ini dapat menambah pengetahuan Anda dalam bahasa Inggris.
Hve Fun and Good Luck!

RESENSI:
Puzzle bisa dijadikan sebagai salah satu aktifitas atau game dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Dulu, saya membeli beberapa buku yang berhubungan dengan Bahasa Inggris ketika masih aktif menjadi tentor atau guru di sebuah bimbingan belajar. Maklum, kantor saya terbilang pelit dalam menyediakan kelengkapan bahan ajar yang dibutuhkan tentornya. Meski gaji tidak seberapa, hiting-hitung, membeli buku yang berhubungan dengan Bahasa Inggris merupakan investasi dan bisa digunakan oleh anak ataupun saudaka saya yang membutuhkan.
Buku Have Fun with English Puzzle Book 3 ini sempat pindah tangan ke beberapa tentor untuk di foto copy, dan untungnya selalu kembali dengan ‘selamat’. Meski demikian, buku saya yang berjudul 102 English Games from A to Z sempat terguyur hujan dan menjadi kaku ketika kering. Untungnya, bagian dalamnya tidak apa-apa.

Dilihat hari tingkat kesulitannya, Book 3 bisa digunakan pada level SMP. Itupun, tetap tergantung kualitas siswa dari masing-masing sekolah. Bisa jadi, di Jakarta puzzle dalam buku ini bisa diselesaikan oleh siswa di tingkatan SD. Atau, terbilang sulit bagi siswa tingkat SMP bahkan SMA yang bersekolah di daerah pedalaman. Ya, memang tingkatan pendidikan di Indonesia tidak seimbang. Ketika nilai Ujian Nasional (UN) dijadikan patokan sebagai syarat kelulusan seorang siswa, rasanya (sangat) tidak adil bagi sekolah yang memiliki satandar yang berbeda.
Di dalam buku ini terdapat 62 puzle dengan penyajian yang berbeda. Selain disusun dalam bentuk word association, puzle juga disajikan dalam hidden words, compound word, English anagrams, English crossword, dan berbagai bentuk lainnya. Biasanya, saya menggunakan puzle sebagai hiburan bagi siswa atau ada sisa waktu 10-15 menit sebelum bel pulang berbunyi.
Selain itu, sebagai tentor atau guru jangan hanya mengandalkan game yang bisa Anda browsing di internet atau disediakan buku. Game yang ada, bisa dimodifikasi dan disesuaikan dengan materi yang akan diberikan kepada siswa. Selain itu, dengan kegiatan ini, tentor ataupun guru menjadi lebih kreatif dalam membuat media untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas. Selain itu, puzle tersebut dapat digunakan untuk mengisi waktu luang dan dapat memperkaya perbendaharaan kosa kata.
Kekurangan dari buku ini adalah tingkat kesulitan puzle yang terbilang mudah. Sesuai dengan back cover di buku ini, buku puzle tersebut memiliki level 1 hingga 3. Saya sengaja membeli Book 1 dan 3 supaya bisa diaplikasikan untuk kelas junior dan senior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar